• Beranda
  • Profil
    • Selayang Pandang
    • Tugas dan Wewenang
    • Visi & Misi
    • Kewajiban Anggota
  • Pimpinan
  • Dapil
  • Fraksi
    • Fraksi Demokrat
    • Fraksi Gerindra
    • Fraksi Golkar
    • Fraksi Amanat Nasdem Solidaritas
    • Fraksi PDIP
    • Fraksi PKB
    • Fraksi PKS
    • Fraksi PPP
  • Kelengkapan Dewan
    • Komisi A
    • Komisi B
    • Komisi C
    • Komisi D
    • Komisi E
    • Badan Kehormatan
    • Badan Musyawarah
    • Badan Pembentukan Peraturan Daerah
    • Badan Anggaran
  • Setwan
    • Tentang Setwan
    • Bagian Umum
    • Bagian Persidangan
    • Bagian Keuangan
    • Bagian Humas
    • Jabatan Fungsional
  • SIPELAWAN
  • PPID
    • SOP Pengaduan
  • JDIH
  • Survey
  • Berita
    • Berita Pimpinan
    • Berita Komisi A
    • Berita Komisi B
    • Berita Komisi C
    • Berita Komisi D
    • Berita Komisi E
    • Berita Pansus
    • Berita Badan Anggaran
    • Berita Badan Kehormatan
    • Berita Badan Musyawarah
    • Berita Bapemperda
Minggu, 22 Juni 2025
No Result
View All Result
DPRD JATENG
No Result
View All Result
DPRD JATENG
No Result
View All Result
Home Berita

Penting, Peningkatan Kualitas Layanan Air Bersih

04/11/2021
in Berita, KOMISI C
Penting, Peningkatan Kualitas Layanan Air Bersih

SOAL AIR. Komisi C DPRD Provinsi Jateng berdiskusi dengan jajaran PDAM Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu Provinsi Jabar, Kamis (4/11/2021), membahas kinerja pengelolaan & pelayanan air minum. (foto ariel noviandri)

INDRAMAYU – Peningkatan kualitaa layanan air minum/ bersih menjadi bahasan utama saat Komisi C DPRD Provinsi Jateng berdiskusi dengan jajaran PDAM Tirta Darma Ayu Kabupaten Indramayu Provinsi Jabar, Kamis (4/11/2021). Dalam diskusi itu, Komisi C didampingi PT. Tirta Utama (Persero) dan Sekretaris DPRD Provinsi Jateng Urip Sihabudin.

Mengawali sambutan, Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jateng Bambang Haryanto mengatakan pihaknya saat ini sedang menyoroti BUMD Non-Keuangan salah satunya PT. Tirta Utama (Persero). Untuk mendorong sekaligus memperkuat kinerja Tirta Utama ke depannya, pihaknya kini berupaya mencari data dan informasi seputar pengelolaan kinerja dan pelayanan pelanggan agar kontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dapat meningkat.

“Terkait dengan PT. Tirta Utama (Persero) yang sudah mengelola SPAM (sistem penyediaan air minum) Regional, Komisi C ingin mendapatkan data dan informasi mengenai pelayanan, khususnya di tengah kondisi pandemi ini. Termasuk, progres pendapatan dan kendala kinerja dari PDAM Tirta Darma Ayu,” kata Politikus PDI Perjuangan itu.

Sementara, Dirut PT. Tirta Utama (Persero) Joko Suprapto mengaku apresiatif dengan kinerja PDAM Tirta Darma Ayu, khususnya penanganan kebocoran pipa. Selain itu, dirinya juga menanyakan mengenai upaya apa saja yang dilakukan dalam pelayanan terhadap pelanggan PDAM.

“Kami apresiatif dengan masih rendahnya tingkat kebocoran itu. Kami sependapat pula dengan upaya pelayanan dari PDAM. Mengenai penagihannya, seberapa besar efektifitas penagihan setiap bulannya?” tanya Joko kepada Hery Krisnawan selaku Pjs. Dirut PDAM Tirta Darma Ayu.

Menjawabnya, Hery mengaku pihaknya belum mampu memenuhi pelanggan dari industri besar seperti halnya PT. Tirta Utama (Persero). Pelanggan rumah tangga masih mendominasi dengan jumlah total sekitar 141 ribuan. Soal kapasitas produksi, saat ini sekitar 1.285 liter/detik dengan 22,8% tingkat kebocoran air yang sebagian besar karena usia pipa. 

“Kebocoran itu memang harus segera diatasi karena hal itu sangat mengganggu pelayanan. Kami sudah berpikir ekstra keras, bagaimana melayani pelanggan. Dalam upaya itu, kami pun sudah bekerjasama dengan PDAM Kuningan dalam hal pemenuhan air curah,” kata Hery.

Diakuinya, dalam penampungan air curah itu, pihaknya tidak memiliki modal yang besar sehingga membutuhkan bantuan dari para pemilik modal.Terkait kondisi pandemi, ia juga mengaku banyak program terhenti sehingga kualitas pelayanan hanya seputar optimalisasi pelanggan eksisting dan belum ada pelayanan pemasangan baru.

“Kemungkinan kerjasama dengan beberapa pihak merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan selama kondisi pandemi,” ujarnya.

Soal keberpihakan PDAM selama pandemi, selama ini banyak desakan dari eksekutif dan legislatif untuk memberikan keringanan terhadap pelanggan. Namun, pihaknya tidak mampu menerapkan hal tersebut sehingga sampai sekarang tidak ada pemberian diskon dan pembebasan rekening, yang ada pembebasan denda di saat puncak pandemi. 

“Alhamdulilah, tidak ada gejolak di masyarakat dan tetap melakukan pembayaran,” katanya. (ariel/priyanto)

Previous Post

Pengaturan Lalu Lintas Berbasis IT di Jogja Menarik Minat Komisi D

Next Post

Jemput Bola & Kirim eMail Jadi Solusi Layanan Adminduk selama Pandemi

Staf Admin

Staf Admin

Related Posts

Sumanto : Semangat Bung Karno Akan Terus Menyala pada Kami
Berita

Sumanto : Semangat Bung Karno Akan Terus Menyala pada Kami

21/06/2025
RAPAT KERJA : Jaga Ketersediaan Stok Pangan
Berita

RAPAT KERJA : Jaga Ketersediaan Stok Pangan

20/06/2025
RAPAT KERJA : Penanganan Kebencanaan Perlu Masuk Kurikulum Sekolah
Berita

RAPAT KERJA : Penanganan Kebencanaan Perlu Masuk Kurikulum Sekolah

20/06/2025
RAPAT KERJA: Bahas Rencana Kerja dengan Biro Perekonomian, BUMD, & Disnakertrans
Berita

RAPAT KERJA: Bahas Rencana Kerja dengan Biro Perekonomian, BUMD, & Disnakertrans

20/06/2025
RAPAT KERJA: Komisi A Apresiasi Kinerja Diskominfo Jateng
Berita

RAPAT KERJA: Komisi A Apresiasi Kinerja Diskominfo Jateng

19/06/2025
RAPAT KERJA : Butuh Kolaborasi Solid Pemprov-DPRD
Berita

RAPAT KERJA : Butuh Kolaborasi Solid Pemprov-DPRD

19/06/2025
Next Post
Jemput Bola & Kirim eMail Jadi Solusi Layanan Adminduk selama Pandemi

Jemput Bola & Kirim eMail Jadi Solusi Layanan Adminduk selama Pandemi

Pansus Nelayan Soroti Produksi Olahan Ikan

Pansus Nelayan Soroti Produksi Olahan Ikan

  • Beranda
  • Profil
  • Pimpinan
  • Dapil
  • Fraksi
  • Kelengkapan Dewan
  • Setwan
  • SIPELAWAN
  • PPID
  • JDIH
  • Survey
  • Berita

© 2024 · DPRD Provinsi Jawa Tengah

No Result
View All Result
  • # AKD (Mobile View)
  • # Fraksi (Mobile View)
  • # Kelengkapan (Mobile View)
  • # Profil (Mobile View)
  • # SIPELAWAN (Mobile View)
  • Berita
  • Berita Badan Anggaran
  • Berita Badan Kehormatan
  • Berita Badan Musyawarah
  • Berita Bapemperda
  • Berita Komisi A
  • Berita Komisi B
  • Berita Komisi C
  • Berita Komisi D
  • Berita Komisi E
  • Berita Pansus
  • Berita Pimpinan
  • Dapil
  • E Aspirasi
  • Event Dashboard
  • Events
  • Events
    • Categories
    • Locations
    • My Bookings
    • Tags
  • Fraksi
    • Fraksi Amanat Nasdem Solidaritas
    • Fraksi Demokrat
    • Fraksi Gerindra
    • Fraksi Golkar
    • Fraksi PDIP
    • Fraksi PKB
    • Fraksi PKS
    • Fraksi PPP
  • Home DPRD Provinsi Jawa Tengah
  • Jabatan Fungsional
  • Kelengkapan Dewan
    • Badan Anggaran
    • Badan Kehormatan
    • Badan Musyawarah
    • Badan Pembentukan Peraturan Daerah
    • Komisi
      • Komisi A
      • Komisi B
      • Komisi C
      • Komisi D
      • Komisi E
      • Tentang Komisi
  • KOMISI A
  • Kontak Kami
  • Legislasi
  • Majalah
  • News (Mobile View)
  • Pengaduan Masyarakat
  • Pimpinan
  • PIMWAN
  • PIMWAN
  • Post an Event
  • Profil
    • Kewajiban Anggota
    • Selayang Pandang
    • Tugas dan Wewenang
    • Visi & Misi
  • Setwan
    • Bagian Humas
    • Bagian Keuangan
    • Bagian Persidangan
    • Bagian Umum
    • Tentang Setwan
  • Simpelawan (Mobile View)
  • Test #0953
  • Visi dan Misi

© 2024 · DPRD Provinsi Jawa Tengah