CENDERA MATA : Ketua Komisi A Moh Saleh menerima cendera mata dari Ketua Komisi I DPRD Banten Asep Hidayat, kemarin.(foto: choirul amin)

GEDUNG BERLIAN – Komisi I DPRD Provinsi Banten berkunjung ke DPRD Provinsi Jawa Tengah untuk berkonsultasi mengenai penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 dan sosialisasi penanganan pencegahan Covid-19, Senin (19/10/2020).

Ketua Komisi I Asep Hidayat mengatakaan, saat ini sejumlah daerah di seluruh Indonesia bersiap diri untuk menggelar pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Berhubung digelar saat pandemi Covid-19, kegiatan pilkada itu rentan menjadi kluster baru penyebaran virus. Masalah ini perlu menjadi perhatian serius bagi penyelenggara pemilu, pemerintah, dan stakeholder lainnya.

“Penyelenggara pemilu tetap berkomitmen supaya tingkat partisipasi masyarakat bisa bertambah, di samping itu juga perlu adanya penekanan sosialisasi mengenai protokol kesehatan,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah Moh Saleh mengatakan pihaknya bersama anggota DPRD yang lain selalu memonitor para penyelenggara pilkada di lapangan mengenai penerapan protokol kesehatan selama pilkada.

“Di samping menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan, kita juga perlu membaca doa agar supaya dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kami selalu tegaskan kepada teman-teman di kab/kota. Karena ada 21 daerah di Jateng yang menggelar pilkada,” kata politikus Partai Golkar itu.

Selain itu, dalam proses penanganan pencegahan virus covid-19, Moh Saleh menambahkan DPRD bersama Pemprov Jawa Tengah selalu menekankan program Jogo Tonggo, masyarakat bisa saling mengawasi sampai di tingkat paling bawah. Tujuannya untuk mengurangi dampak pandemi yang semakin meningkat.

“Jogo Tonggo atau dalam bahasa Indonesianya Jaga Tetangga. Itu sampai di tingkat Rukun Warga (RW). Ada seksi kesehatan, ada seksi keamanan sampai seksi hiburan. Tujuannya selain untuk penyaluran bantuan lebih tepat sasaran juga untuk mengurangi dampak masyarakat yang tiba-tiba jatuh miskin karena pandemi ini,” tutupnya.(amin/priyanto)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *